4 Dampak Negatif Merebaknya Game Online di Kalangan Remaja (2)

dampak merebak game online

Dampak negatif dari game online ini telah dibahas pada artikel sebelumnya, diantaranya para remaja yang menjadi terbiasa dengan adegan kekerasan, umpatan-umpatan kasar yang seharusnya tidak diucapkan, dan menjadi malas bergerak untuk melakukan aktifitas yang menggerakkan seluruh tubuh karena jari mereka yang sudah terikat dengan layar. Namun, game online ini tidak selamanya membawa dampak buruk. Berikut beberapa dampak positif dari game online itu sendiri.

Baca : Dampak Merebak game online di kalangan remaja (1)

Pertama, pemain akan menjadi lebih kreatif, khususnya game yang membutuhkan strategi dan memperbolehkan cara apapun selama tidak melanggar peraturan permainan. Cepat mengambil tindakan tanpa melanggar peraturan juga secara tidak langsung akan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak sedikit orang yang bermain game online tertarik untuk mempelajari pemrograman, sehingga mereka dapat membangun program game sesuai keinginan mereka sendiri, termasuk story line dan desain karakter.

Kedua, menjadi lebih konsentrasi. Gerakan musuh yang cepat menuntut pemain untuk lebih konsentrasi dan hati-hati. Jika konsentrasi ini diaplikasikan dalam kegiatan sekolah maka akan sangat bermanfaat sekali, contohnya fokus memahami materi yang disampaikan dan fokus dengan poin pertanyaan ketika ujian.

Ketiga, menjadi lahan bisnis. Sebagian besar game online menyediakan tools atau alat yang dapat mendukung jalannya permainan, seperti senjata atau kostum yang hanya dapat dibeli dengan alat tukar berupa coin, diamond, dan lain sebagainya. Koin atau diamond tersebut dapat diperoleh dari memenangkan pertandingan atau dengan membeli langsung, disinilah keuntungan tersebut dapat diambil. Koin atau diamond dapat dikirimkan ke pemain lain, seperti jual beli dengan alat tukar uang yang jumlahnya sesuai dengan kesepakatan bersama.

Keempat, memperbanyak teman dengan bergabung ke dalam komunitas. Saat ini pun dalam even-even tertentu sering diadakan turnamen yang disponsori oleh komunitas game online. Tidak hanya itu saja, seminar atau pelatihan pemrograman game dan hal-hal lain yang berkaitan  akan sangat bermanfaat.

Itulah beberapa poin dari dampak positif game online yang sangat diminati remaja saat ini. Banyaknya dampak positif dan negatif yang diterima, tergantung kepada bagaimana kendali diri sendiri ketika sudah masuk ke dalam dunia maya. (Windy)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *