Ini 4 Tips Ampuh Menulis Essay Untuk Aplikasi Beasiswa

Inilah 4 Tips Ampuh Menulis Essay untuk Aplikasi Beasiswa yang kami kutip dari wempy dyocta koto 

Keterampilan menulis essay sangat dibutuhkan bagi Anda yang sedang mempersiapkan diri untuk mendapatkan beasiswa master maupun doctoral. Biasanya, essay akan menjadi salah satu persyaratan utama. Berikut ini tips dan trik menulis essay beasiswa yang baik untuk Anda.

1. Pahami Pemberi Beasiswa
Ada ribuan aplikasi beasiswa, pastikan essay Anda akan menjadi pilihan menarik untuk dibaca dengan cara memahami benar misi beasiswa yang diberikan. Kandidat seperti apa yang mereka inginkan? Pelajari dan kemudian sesuaikan dengan isi essay Anda. Tulis dengan semenarik mungkin.

2. Sampaikan Dengan Jelas
Pastikan essay Anda jauh dari salah ejaan (typo). Jangan lupa untuk menyampaikan sasaran dan target yang ingin Anda raih dengan mendapatkan beasiswa ini. Paparkan visi dan misimu dengan lugas dan jelas. Apa yang Anda inginkan dan bagaimana Anda mewujudkannya.

3. Tonjolkan “Nilai” Anda
Menonjolkan diri tidak berarti Anda sedang melakukan kesombongan. Malahan hal ini harus dilakukan agar pemberi beasiswa yakin Anda adalah penerima beasiswa yang tepat. Pemberi beasiswa tentu akan memilih kandidat dengan kualitas dan prestasi terbaik. Ceritakan capaian dan prestasi yang pernah diraih secara elegan tanpa berkesan arogan.

4. Minta Masukan
Agar essay Anda lebih matang, mintalah masukan dari kolega maupun dosen dan orang-orang yang ahli dibidangnya. Masukan dari mereka akan sangat bermanfaat bagi tulisanmu. Jangan pernah berhenti belajar, termasuk dalam menerima masukan dan kritikan.

Terus belajar dan jangan lupa untuk memberitahu sahabat terbaikmu yang sedang menyiapkan essay untuk beasiswa tahun ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *