Pengaruh Media Massa Untuk Perkembangan Anak

“Tapasha: Cha, Gapapa Anak Lo, si Aji di biarin sendirian ?

Icha : Aji lagi nonton, dia anak baik, paling juga dia nonton lagi.”

 

Apakah anak anda ada yang berlaku demikian ?

Apakah banyak diantara anda yang meninggalkan anak anda di didik televisi ?

Tapi seberapa besarkah pengaruh konten media massa terhadap perkembangan anak ?

Mengapa anak merupakan kelompok usia yang rentan ?

Tahukah anda ?

Dalam banyak penelitian psikologi sosial terdahulu, media memang digambarkan sebagai salah satu medium penyampaian pesan yang efektif. Hogg menggambarkan bahwa media massa punya peran yang besar dalam mempengaruhi masyarakat (Hogg, 2011), dan penyataan ini didukung oleh penelitian jangka panjang yang dilakukan Kellstedt (2003), selama 10 tahun ini menunjukkan perubahan sikap yang cukup besar terhadap isu ras kulit hitam vs kulit putih di Amerika Serikat, yang diperoleh berkat bantuan media massa.

Dampak iklan juga besar didalam pembentukan sikap pada anak – anak, mereka yang menonton iklan tersebut minimal dua kali sehari cenderung akan menganggap sereal berlapis gula yang ditayangkan di televisi sehat dibandingkan dengan anak – anak yang tidak menonton sama sekali atau hanya menonton sekali sehari, menunjukkan peran media massa yang sangat besar dalam pembentukan sikap (Atkind, 1980).

Impressonable years adalah usia dimana kemungkinan perubahan sikap semakin mudah untuk terjadi. Sebuah penelitian yang menei mengenai hubungan antara tendensi perubahan sikap akibat pemberian pesan persuasif dengan rentang usia, ditemukan bahwa proses perubahan sikap ini lebih mudah terjadi pada subjek dengan jangkauan perkembangan dewasa dini ke bawah (Visser & Krosnick,1998).

Anak merupakan dalam tahap kritis untuk memahami dunia berdasarkan bentuk konrit yang mereka lihat, informasi yang ia lihat dari dunia sekitarnya merupakan masukan yang akan mempengaruhi caranya dalam menjalankan hidup kedepannya.

Mengenal bagaimana pentingnya masukan media massa terhadap pemahaman anak mengenai Dunia, apakah anda masih memercayakan anak anda dengan televisi ?

Mari Kawal Anak Anda, karena guru terbaik anak adalah orang tua. SETUJU ??

Penulis: Carla Marsha, S.Psi

Baca juga artikel sebelumnya yang membahas perilaku orang tua yang dapat mempengaruhi perkembangan anak

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *